Sunday, March 18, 2018

Multimedia Interaktif


Multimedia Interaktif


Sesuai dengan matakuliah Multimedia di UBP Karawang disini kita akan membahas tentang Multimedia Interaktif.

Sebelum kita membahas Apa itu Multimedia Interaktif kita harus tahu apa itu Multimedia?
" MULTIMEDIA " diambil dari dua kata '' MULTI dan '' MEDIA" yang memiliki arti yang berbeda , jika arti kata MULTI memiliki arti '' banyak '' dan sedangkan MEDIA memiliki arti '' alat '' jika digabungkan menjadi " banyak alat " jadi jika kalian memilih jurusan multimedia harus bisa menguasai seluruh alat perkomputer.


Multimedia Dulu


Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui dua media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan menarik minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang seperti sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat berhubungan dengan sanak famili kita yang ada tempat yang jauh. 

Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhkan waktu 5 tahun. Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.


Multimedia Sekarang



Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini,  informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang pendidikan digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Definisi Multimedia Interaktif


Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara. Untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi,  melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Pengertian Multimedia Interaktif menurut beberapa ahli dijelaskan sebagai berikut:
1.      Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.
2.      Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
1.      Multimedia Interaktif Online Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan.  Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan  mencakup masyarakat luas.
2.      Multimedia Interaktif Offline Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak melalui jalur/kawat/saluran/  jaringan. Contohnya CD interaktif : Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.
Fungsi Multimedia Interaktif
Dalam sebuah presentasi yang ditulis oleh Yanuar Rahman menyimpulkan beberapa fungsi dari multimedia interaktif adalah sebagai berikut:
1.      Komunikasi antar bisnis: manajemen, absensi, keuangan.
2.      Komunikasi bisnin dan konsumen: e-commerce.
3.      Komunikasi antar konsumen: jejaring sosial.
4.      E-Learning: training, alat bantu pengajaran, media pembelajaran.
5.      Hiburan: games.
6.      Komunikasi pemerintah: informasi publik, layanan masyarakat.
7.      Komunikasi kebudayaan: informasi museum dan galeri.
Sumber :
sir.stikom.edu/302/5/BAB%20II.pdf
elib.unikom.ac.id/download.php?id=192223

No comments:

Post a Comment

Cara Instal DBMS ( MySQL/XAMPP )

Kelebihan, Kekurangan dan cara Install DBMS (MySQL / XAMPP) Database saat ini sudah menjadi kebutuhan hampir disemua bidang. Untuk me...